-->

Sponsor

Konsep Pemasaran

Dengan demikian konsep pemasaran menegaskan bahwa kunci tujuan organisasional yang ditetapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan, menyerahkan dan mengkomunikasikan nilai pelanggan pasar sasaran yang terpilih sehingga konsumen puas dengan layanan perusahaan (Kotler, 2002:22).

Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan (Dharmesta, 2000:6).

Menurut Basu Swasta DH dan Irawan (1990:6) “konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan”.

Konsep pemasaran mempunyai tiga elemen pokok yaitu : (1) orientasi pada konsumen, (2) Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran, (3) volume penjualan yang menguntungkan.

1. Orientasi pada konsumen
Maksud dari elemen ini adalah bahwa perusahaan yang benar-benar ingin memperhatikan harapan dari konsumennya harus :
a. Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang akan dilayani.
b. Menentukan produk dan program pemasarannya.
c. Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran dalam penjualannya.
d. Mengadakan penelitian kepada konsumen untuk mengukur, menilai, serta menafsirkan keinginan dan sikap ataupun perilaku mereka.
e. Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling baik, apakah menitik beratkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau model yang menarik.

2. Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran
Maksud dari elemen ini adalah bahwa pengintegrasian kegiatan pemasaran menegaskan agar setiap orang dan bagian dalam perusahaan harus berkecimpung dalam suatu usaha yang terkoordinir dengan tujuan memberikan kepuasan konsumen.

3. Volume penjualan yang menguntungkan
Dalam elemen ini dapat dikatakan bahwa sebenarnya laba atau keuntungan merupakan pencerminan dari usaha-usaha perusahaan yang berhasil memberikan kepuasan konsumen. Untuk memberikan kepuasan tersebut maka perusahaan dapat menyediakan atau menjual barang dan jasa yang paling baik dengan harga layak dan menguntungkan konsumen yang dituju.

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner