-->

Sponsor

Maksud dan Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Maksud adanya manajemen sumber daya manusia adalah memperbaiki kontribusi produktif orang-orang terhadap organisasi dengan cara yang bertanggung jawab secara strategis, etis, dan sosial. Para manajer dan departemen sumber daya manusia mencapai maksud mereka dengan memenuhi tujuannya. Tujuan merupakan standar evaluasi tindakan. Tujuannya tidak hanya harus mencerminkan kehendak manajemen senior, namun juga harus menyeimbangkan tantangan organisasi, fungsi sumber daya manusia, masyarakat, dan orang-orang yang terpengaruh. Kegagalan dalam melakukan hal itu dapat merusak kinerja, angka laba, bahkan kelangsungan hidup perusahaan atau organisasi.

Tujuan manajemen sumber daya manusia diantaranya :
1. Tujuan kemasyarakatan/sosial
Tujuan sosial (societal objective) manajemen sumber daya manusia adalah agar organisasi bertanggung jawab secara sosial dan etis tehadap kebutuhan dan tantangan masyarakat seraya meminimalkan dampak negatif tuntutan itu terhadap organisasi. Implikasinya, beberapa organisasi telah menambahkan tanggung jawab sosial ke dalam tujuan organisasi dan menghubungkan sumber daya mereka pada program kesehatan lingkungan, proyek perbaikan lingkungan, program pelatihan dan pengembangan golongan minoritas, serta menyelenggarakan dan mensponsori berbagai acara.

Perusahaan merupakan bagian dari masyarakat oleh karena itu kontribusinya mengindikasikan bahwa faktor di luar organisasi akan berpengaruh terhadap aktivitas dan keluaran organisasi. Masyarakat mendambakan perusahaan produktif dalam menggunakan sumber daya, termasuk sumber daya manusia.

2. Tujuan organisasional
Tujuan organisasional (organizational objective) adalah sasaran formal organisasi yang dibuat untuk membantu mencapai tujuan. Departemen sumber daya manusia meningkatkan efektivitas organisasional dengan cara :
Meningkatkan produktivitas perusahaan dengan menyediakan tenaga kerja yang terlatih dan termotivasi dengan baik.
Mendayagunakan tenaga kerja yang efektif dan efisien seraya mampu mengendalikan biaya tenaga kerja.
Membantu organisasi mencapai tujuannya.
Mengembangkan dan mempertahankan kualitas kehidupan kerja dengan membuka kesempatan bagi kepuasan kerja dan aktualisasi diri karyawan.
Efektivitas organisasional tergantung pada efektivitas sumber daya manusianya. Karen alasan inilah, maka perekrutan sumber daya manusia merupakan hal penting dalam fungsi sumber daya manusia.

3. Tujuan fungsional
Tujuan fungsional (fungsional objective) merupakan tujuan untuk mempertahankan kontribusi deparemen sumber daya manusia pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Departemen sumber daya manusia harus menghadapi peningkatan kompleksitas pengelolaan sumber daya manusia dengan cara memberikan konsultasi yang canggih. Departemen sumber daya manusia dituntut agar menyediakan program-program rekruitmen, pelatihan dan pengembangan yang inovatif dan menemukan pendekatan manajemen yang akan menahan dan memotivasi orang-orang terbaik.

4. Tujuan pribadi
Tujuan individual (individual management objective) adalah tujuan pribadi dari setiap anggota organisasi yang hendak dicapai melalui aktivitasnya di dalam organisasi. Para karyawan akan efektif seandainya mereka mencapai tujuan organisasional maupun kebutuhan pribadi dalam pekerjaan. Supaya setiap tujuan perusahaan mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja karyawan, maka tujuan perusahaan pertama-tama haruslah diterima dulu oleh kalangan karyawan. Penerimaan tujuan (goal acceptance) merupakan persyaratan yang penting bagi adanya pengaruh positif terhadap tujuan perusahaan.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner