KONSEP 4P
Konsep 4P. Inilah konsep utama dalam pemasaran dan merupakan langkah-langkah yang dijalankan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.
Dari sudut pandang seorang marketer (pelaku pemasaran), konsep ini terdiri dari empat elemen utama, yaitu;
1. Product (barang atau jasa)
2. Price (harga)
3. Place (distribusi)
4. Promotion (Promosi)
Inilah yang dikenal dengan 4P atau marketing mix.
Kombinasi dari keempat elemen ini membentuk cara memasarkan sebuah produk.
note: Lakukan hal ini dengan benar, maka Anda akan terbang ke “surganya pemasaran”; tetapi bila Anda membuat kesalahan, pintu neraka terbuka.
TANTANGAN
Tantangan yang dihadapi dalam konsep marketing mix adalah menyeimbangkan semua komponen. Semua perusahaan memiliki sumber daya yang terbatas (entah itu manusia atau keuangan) dan semua itu harus dialokasikan secara optimal.
Sekalipun riset dapat membantu Anda dalam hal ini, tidak ada cara yang paling benar dalam mengalokasikan sumber daya. Malah Anda harus melewati suatu proses interaktif yang dimulai dengan marketing mix teoretis (di atas kertas, dan tidak sempurna) dan berdasarkan respons (hasil) yang timbul dari proses pemasaran. Konsep ini akan terus-menerus disempurnakan, yang selanjutnya akan menolong Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan.
Internet memberikan dimensi baru pada tantangan ini. Anda mungkin harus mengorbankan channel (jalur) yang ada atau melakukan perubahan mendasar atas konsep marketing mix Anda.