My Tweet My Tweet My Tweet Google Plus My youtube

Jumat, 22 Juli 2011

Jenis pengangguran yang ada di indonesia

Bagikan Artikel ini:
Pengangguran sering diartikan sebagai angkatan kerja yang belum bekerja atau tidak bekerja secara optimal. Dari tahun ke tahun penggangguran semakin bertambah, dikarenakan jumlah lulusan baik itu dari SMA, atau perguruan tinggi makin banyak. Namun kesempatan pekerjaan atau jumlah pekerjaannya tidak bertambah.

Adapun macam dari pengangguran, antara lain:
  1. Pengangguran Terselubung (Disguissed Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.
  2. Setengah Menganggur (Under Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.
  3. Pengangguran Terbuka (Open Unemployment) adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengganguran jenis ini cukup banyak karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal.
Tentu saja orang mengganggur itu ada penyebabnya, maka adapun macam pengangguran menurut penyebabnya, yaitu:
  • Pengangguran konjungtural (Cycle Unemployment) adalah pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan gelombang (naik-turunnya) kehidupan perekonomian/siklus ekonomi.
  • Pengangguran struktural (Struktural Unemployment) adalah pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan struktur ekonomi dan corak ekonomi dalam jangka panjang. Pengangguran struktuiral bisa diakibatkan oleh beberapa kemungkinan, seperti : Akibat permintaan berkurang, Akibat kemajuan dan pengguanaan teknologi, Akibat kebijakan pemerintah
  • Pengangguran friksional (Frictional Unemployment) adalah pengangguran yang muncul akibat adanya ketidaksesuaian antara pemberi kerja dan pencari kerja. Pengangguran ini sering disebut pengangguran sukarela.
  • Pengangguran musiman adalah pengangguran yang muncul akibat pergantian musim misalnya pergantian musim tanam ke musim panen.
  • Pengangguran teknologi adalah pengangguran yang terjadi akibat perubahan atau penggantian tenaga manusia menjadi tenaga mesin-mesin
  • Pengangguran siklus adalah pengangguran yang diakibatkan oleh menurunnya kegiatan perekonomian (karena terjadi resesi). Pengangguran siklus disebabkan oleh kurangnya permintaan masyarakat (aggrerat demand).
Demi memaksimalkan pengagngguran atau dalam kata lain mengurangi pengangguran yang ada, pemerintah sebaiknya menambah lapangan pekerjaan yang ada. Selain pemerintah juga, diri pribadi dari kita harus bisa menciptakan peluang usaha, agar kita bisa bekerja dan mempekerjakan orang lain.
Baca juga materi lainnya:
Comments
0 Comments


Poskan Komentar

Semoga semua yang ada disini bisa bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada saran dan kritik silahkan tulis di Kotak Komentar. Terima kasih

Cari Artikel lainnya!

Custom Search

Sponsor