-->

Sponsor

Metode Penghitungan Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional merupakan nilai produksi barang-barang dan jasa-jasa yang dihasilkan suatu perekonomian (negara) dalam waktu satu tahun. Tiga metote perhitungannya yaitu :

1. Metode Produksi (nilai tambah)
Pendapatan nasional dihitung dengan cara menjumlahkan nilai produksi barang-barang dan jasa-jasa yang dihasilkan oleh setiap faktor produksi dalam suatu negara selama satu periode tertentu. Di Indonesia, periode waktu tersebut adalah satu tahun kalender dan sektor-sektor produktif dibagi menjadi 11 sektor (pertanian, industri pengolahan, pertambangan dan galian, listrik air dan gas, bangunan, pengangkutan dan komunikasi, perdagangan, bank dan lembaga keuangan, sewa rumah, pertahanan dan jasa-jasa lainnya)

GDP : mengukur output produksi yang ada di dalam negeri tidak pandang apakah produksi itu dihasilkan oleh orang/perusahaan asing atau bangsa sendiri, yang penting lokasinya di dalam negeri.
GNP : mengukur output produksi perekonomian nasional yang dimiliki warga sendiri baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
GDP > GNP, maka penanaman modal asing (PMA) di negara itu lebih besar dari pada penanaman modal negara itu di luar negeri.
GDP – GNP = Net factor payment/Net factor income to abroad
GNP- penyusutan = Net National Product (NNP)
Teknis perhitungan pendapatan nasional dengan metode produksi ini adalah dengan cara menjumlahkan nilai tambah (value added)

2. Metode Pendapatan
Pendapatan nasional dihitung dengan cara menjumlahkan pendapatan faktor-faktor produksi yang digunakan dalam memproduksi barang-barang dan jasa-jasa. Faktor-faktor produksi : tanah, modal, tenaga dan wiraswasta yang digunakan tersebut diberi balas jasa yang masing-masing bernama sewa, bunga upah, gaji dan laba. Karena faktor-faktor produksi tersebut dimiliki oleh seorang atau sekelompok orana dalam masyarakat, maka balas jasanya kembali kepada masyarakat sebagai pendapatan nasional. Pendapatan nasional yang dihitung dengan metode ini dikenal dengan sebutan Gross National Income

3. Metode Pengeluaran
Pendapatan nasional dihitung dengan menjumlahkan seluruh pengeluaran dari lapisan masyarakat. Pendapatan yang diterima masyarakat akan dibelanjakan pada berbagai barang dan jasa atau ditabung
Y = C + I + G +X – M
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner