-->

Sponsor

Hubungan antara Penetapan Harga dan Jumlah Distributor terhadap Volume Penjualan

Harga suatu barang merupakan penentu bagi permintaan pasar sekaligus akan mempengaruhi posisi persaingan perusahaan dan juga market sharenya. Bagi perusahaan harga akan memberikan hasil dengan menciptakan sejumlah pendapatan dan keuntungan bersih. Keputusan tentang penetapan harga harus dipertimbangkan secara matang dan hati-hati karena harga yang layak dan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen akan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan namun penetapan harga yang salah akan merugikan perusahaan.

Semakin baik harga jual yang ditetapkan akan meningkatkan volume penjualan produk perusahaan sehingga perusahaan berada dalam posisi yang menguntungkan namun sebaliknya kesalahan dalam menetapkan harga jual akan menurunkan volume penjualan produk perusahaan sehingga perusahaan berada dalam posisi merugi.

Selain penetapan harga jual yang baik perusahaan perlu juga memperhatikan jumlah distributor yang akan menyalurkan barang untuk perusahaan tersebut, supaya barang sampai kepada konsumen secara efektif dan efisien. Ini lebih cenderung pada saluran distribusi yang akan dipakai perusahaan, saluran distribusi yang terlalu panjang akan mengakibatkan pemborosan dan pengeluaran banyak biaya sehingga dalam memilih saluran distribusi perlu diperhatikan saluran manakah yang mampu melakukan penjualan dalam volume yang besar dengan biaya relatif murah sehingga laba dapat diperoleh lebih banyak.

Penilaian ini tidak hanya diberikan kepada lembaga penyalur yang terdekat dengan produsen tetapi juga kepada rangkaian penyalur sampai ke pengecer. Jadi pengecer mana, pedangan besar mana, serta agen mana yang mampu melakukan penjualan dalam volume yang besar tetapi biaya relatif murah sehingga dapat memberikan laba yang relatif besar.

Harga jual dan jumlah distributor mempunyai pengaruh yang berarti terhadap volume penjualan produk perusahaan. Jika volume penjualan meningkat maka perusahaan memperoleh keuntungan yang besar, namun jika volume penjualan menurun maka perusahaan akan menderita kerugian oleh kareanya perlu dievaluasi lebih lanjut mengenai harga dan jumlah distributor yang ada.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner