My Tweet My Tweet My Tweet Google Plus My youtube

Sabtu, 23 Juli 2011

Menghitung dan pengertian Rasio Liquiditas

Bagikan Artikel ini:
Dalam menghitung Ratio Liquiditas sutau perusahaan dapat dilakukan dengan beberapa ratio:
a. Current Ratio
Yaitu perbandingan antara jumlah aktiva lancar dengan utang lancar, ratio ini menunjukkan bahwa nilai kekayaan lancar ( yang segera dapat diuangkan ) ada sekian kalinya utang jangka pendek. Current ratio banyak digunakan untuk mengukur liquiditas perusahaan dalam jangka pendek karena ratio ini menunjukkan sampai dimana tuntutan kreditur jangka pendek ditutup oleh aktiva yang dapat dikonversikan ke dalam uang tunai dalam jangka waktu yang kira – kira bersamaan.
b. Cash Ratio
Yaitu ratio antara jumlah kas ditambah dengan efek ( Marketable Seccurities ) dengan utang lancar.
c. Quick Ratio
Yaitu ratio antara ( aktiva lancar – persediaan ) dengan utang lancar. Ratio ini merupakan ukuran kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban – kewajiban dengan tidak mengikutsertakan persediaan. Karena persediaan memerlukan waktu yang relatif lama untuk direalisasikan menjadi uang kas dan menganggap bahwa piutang segera dapat dijadikan uang kas. Ratio ini lebih tajam dari pada Current ratio karena hanya membandingkan aktiva yang sangat liquid dengan utang lancar. ( S. Munawir, 2004 )
Baca juga artikel lainnya:
Comments
0 Comments


Poskan Komentar

Semoga semua yang ada disini bisa bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada saran dan kritik silahkan tulis di Kotak Komentar. Terima kasih

Cari Artikel lainnya!

Custom Search

Fans Gudang Materi